Pages


Sabtu, 07 Mei 2011

GAKY (Gangguan Akibat Kekurangan Yodium)

Kekurangan yodium akan mengakibatkan membesarnya kelenjar gondok. Karena itu penyakit yang timbul akhibat kekurangan yodium disebut penyakit gondok. Karena penyakit pembesaran kelenjar gondok itu ditemukan di daerah-daerah tertentu untuk jangka waktu yang lama, maka disebut penyakit gondok endemik.
Terjadinya kekurangan yodium, terutama akibat rendahnya kadar yodium dalam tanah sehingga air dan tumbuh-tumbuhan yang hidup di daerah itu juga rendah kadar yodiumnya. Disamping itu, beberapa jenis bahan makanan mengandung zat yang dapat menyebabkan terjadinya pembesaran kelenjar gondok dan disebut Zat Goiterogen. Zat tersebut ditemukan dalam sayuran dari jenis Brassica seperti kubis, lobak, kol kembang. Juga zat tersebut ditemukan dalam kacang kedelai, kacang tanah, dan obat-obatan tertentu.
Masih ada beberapa faktor lain yang diduga dapat mengakibatkan terjadinya pembesaran kelenjar gondok, seperti air minum yang tercemar, kadar kapur dalam air yang terlalu tinggi dan sebagainya.

Akibat dari defisiensi Yodium itu ialah :
• Gondok Endemik, Bila konsumsi jodium itu rata-rata 25-60 ug seorang sehari, akan terdapat kasus goitre. Endemik goitre tidak merupakan penyakit yang secara akut dan dramatis, seperti juga halnya dengan defisiensi Vitamin A.
• Kretin, Kalau konsumsi jodium rata-rata penduduk suatu daerah sebesar 25 ug seorang sehari atau kurang, akan terdapat frekuensi goitre yang cukup tinggi, dan terdapat juga penderita-penderita cretinism, ialah yang menderita hambatan pertumbuhan fisik serta pengembangan fisik maupun mental (physical and mental retardation).

Kekurangan atau defisiensi yodium menyebabkan berbagai gangguan system tubuh dari yang ringan sampai fatal. Oleh karena itu diperlukan berbagai upaya untuk memasyarakatkan konsumsi yodium untuk mencegah terjadinya gangguan-gangguan akibat defisiensi yodium tersebut, terutama di daerah-deaerah pegunungan yang biasanya kekurangan yodium.
Ayo Konsumsi Garam beryodium agar Sehat dan Cerdas

0 komentar:

Posting Komentar

PURING ( PUSKESMAS RAWAT INAP NGADIREJO ) TEMANGGUNG
 
Copyright (c) 2010 PURING (PUSKESMAS RAWAT INAP NGADIREJO) TEMANGGUNG. Design by WPThemes Expert
Themes By Buy My Themes And Cheap Conveyancing.