Pages


Senin, 21 Maret 2011

HIDUP SEHAT MULAI DARI RUMAH



Sehat merupakan sebuah kata sederhana. Mudah diucapkan, namun ternyata cukup rumit untuk dilaksanakan. Bahkan tak jarang untuk memperoleh hidup sehat perlu ditebus dengan harga yang cukup mahal, sampai jutaan bahkan miliaran rupiah.
Hal ini biasa kita lihat bagaimana orang kaya yang jika sakit lebih mempercayakan untuk berobat keluar negeri dengan biaya yang sangat mahal. Begitu juga dengan orang miskin, walaupun sudah ada dana Jamkesmas namun kenyataannya untuk nebgobati penyakit-penyakit tertentu yang tidak ada dalam paket dasar Jamkesmas, tetap harus mereka merogoh kocek mereka sendiri.
Tentu saja, biaya mahal untuk sehat itu terjadi jika tubuh sudah terlanjur digerogoti penyakit. Tak salah jika orang bijak mengatakan “ Lebih baik melakukan tindakan prenetive (pencegahan) dari pada curative (mengobati) penyakit. Sebab labgkah pencegahan biayanya akan lebih murah daripada mengobati.
Namun langkah pencegahan itu juga bukan hal yang mudah untuk dilaksanakan. Dibutuhkan kesadaran yang tinggi bagi masyarakat yang menginginkan badannya tetap sehat.
…. Langkah pencegahan juga bukan hal yang mudah untuk dilaksanakan. Dibutuhkan kesadaran yang tinggi bagi masyarakat yang ingin badannya tetap sehat. Padahal melakukan tindakan pencegahan tidak perlu dengan biaya yang mahal. Tiap individu hanya cukup untuk menjaga lingkungannya agar tetap bersih. Selain itu perlu juga dilakukan Pola Hidup Sehat sehari-hari, seperti membersihkan badan, mencuci tangan dengan sabun, menggosok gigi secara teratur, makan makanan yang bergizi (tidak harus yang mahal). Makanan yang diperlukan tubuh adalah yangmengandung :
1. Sumber tenaga (karbohidrat), seperti : beras, jagung, ketela, talas, kentang dsb
2. Zat pembangun (protein) : ikan teri, telur, daging dsb merupakan protein hewani. Tahu, tempe, oncom, kacang-kacangan dsb termasuk protein nabati.
3. Zat pengatur (vitamin dan mineral) semua sayuran dan buah-buahan.
Langkah ini sepintas memang tampak remeh terutama tentang kebersihan. Badan yang kotor akan banyak mengundang penyakit. Makan tanpa cuci tangan apalagi untuk menyuapi anak kecil akan banyak bakteri yang ikut masuk tertelan. Penyakit yang biasa timbul jika tidak cuci tangan adalah diare dsb. Gigi yang tidak bersih akan memudahkan gigi menjadi berlubang, gusi bengkak dan mudah berdarah sehingga menimbulkan sakit yang mengganggu aktivitas sehari-hari. Pentingnya pengetahuan pada masyarakat tentang pentingnya hidup sehat perlu tersu digalakkan.
Hal ini tidak perlu dilakukan dengan muluk – muluk karena utuk menjaga kesehatan dapat dimulai dari hal yang kecil tetapi berdampak besar bagi kesehatan. Salah satunya dengan membiasakan menggunakan sabun minimal 5 kali sehari, yaitu pada waktu cuci tangan, sebelum makan pagi, siang dan malam, pada waktu mandi dan pada waktu setelah buang air besar.

Oleh : dr. Muchibin (BUNGA PURING)

0 komentar:

Posting Komentar

PURING ( PUSKESMAS RAWAT INAP NGADIREJO ) TEMANGGUNG
 
Copyright (c) 2010 PURING (PUSKESMAS RAWAT INAP NGADIREJO) TEMANGGUNG. Design by WPThemes Expert
Themes By Buy My Themes And Cheap Conveyancing.