Pages


Minggu, 27 Maret 2011

PERAN LABORAT DALAM PROSES PENYEMBUHAN PASIEN


Laborat adalah suatu tempat untuk pemeriksaan sample darah, urine, feses, dahak dll yang dapat membantu menegakkan diagnosa medis. Dalam hal ini kami akan menyarankan kepada masyarakat supaya menjaga kesehatan. Di Laboratorium Puskesmas Rawat Inap Ngadirejo (PRIN) sekarang sudah banyak penyakit yang dicurigai dokter dan ternyata setelah di periksa lab ternyata hasilnya benar sesuai dengan yang dicurigai. Dengan laborat bisa meyakinkan diagnosa dokter yang sebelumnya telah digali lewat anamnesa gejala-gejala atau keluhan pasien.
Labaorat di PRIN cukup lengkap untuk mendukung menegakkan diagnosa medis. Kerjasama antara Medis, Paramedis dan Petugas Laborat bisa untuk lebih meyakinkan pasien agar mau periksa ke lab agar penyakitnya bisa diketahui lebih pasti. Laborat di PRIN antara lain adalah : Darah rutin, kimia darah, urinalisa, bakteriologi dll. Berikut akan kami jelaskan beberapa fungsi pemeriksaan laborat di PRIN untuk meyakinkan pasien dalam mengetahui penyakit yang di derita.
1. Pemeriksaan HB (Haemoglobin)  digunakan untuk mengetahui kandungan darah dalam tubuh, dimana disini akan bisa di deteksi apakah seseorang kekurangan darah (anemia) atau tidak. Nilai normal HB bagi seorang pria adalah 13-17 mgDl sedangkan wanita adalah 12-16 mgDl.
2. AL (angka Leukosit) tes ini dilakukan untuk mengetahui angka leukosit (sel darah putih) dalam tubuh. Jika AL cenderung tinggi dari angka normal kemungkinan terjadi infeksi di dalam tubuh seseorang.
3. LED (Laju endap darah) jika hasil LED lebih tinggi dari nilai normal maka telah terjadi infeksi di dalam tubuh seseorang.
4. Urine Lengkap digunakan untuk mengetahui adanya sediment (endapan) dan dengan menggunakan mikroskop akan dilihat kandungan yang ada dalam sediment tersebut. Biasanya nanti akan terlihat kristal, silinder, erytrosit, leukosit, epitel dan bakteri yang ada dalam urine. Biasanya pemeriksaan ini dilakukan untuk mengetahui penyakit-penyakit yang berhubungan dengan saluran kemih semisal Infeksi Saluran Kencing (ISK), batu ginjal, batu ureter dll.
5. BTA (Bakteri Tahan Asam) digunakan untuk mengetahui adanya Mycobacterium Tuberculosa, penyebab penyakit TBC. Medium yang digunakan adalah dengan sputum yang purulen (dahak yang kental kehijauan)
6. Kimia darah semisal : Cholesterol, Trigliserid, Asam Urat yang banyak membantu menegak penyakit jantung dan gangguan metabolisme serta GD (Gula Darah ) untuk menegakkan diagnosa seseorang terkena Diabetus Melitus. Cara pemeriksaan Gula darah ada 3 macam yaitu :
 GDS (gula darah sewaktu) pemeriksaan ini dilakukan sewaktu dibutuhkan.
 GDP (gula darah puasa) pemeriksaan ini dilakukan setelah pasien berpuasa ± 10 jam sebelum diperiksa.
 GD2PP (gula darah 2 jam post pandrial) dilakukan setelah pasien dicek GDP kemudian disuruh makan dan puasa lagi selama 2 jam kemudian dicek
7. Widal biasanya digunakan untuk menegakkan pasien terkena kuman Salmonella Typhosa yang dikenala dengan penyakit Typhus abdominalis.
8. Feses atau Tinja yang diperiksa untuk mengetahui apakah ada telur cacing, amuba, erytrosit, leukosit dalam tinja tersebut. Biasanya dilakukan pada pasien gangguan saluran cerna semisal : Gastro enteritis, Dysentri amuba dan basiler.
9. HbsAg digunakan untuk membantu menegakkan diagnosa penyakit Hepatitis.

Dengan adanya pemeriksaan laborat kami berharap agar pasien segera dapat terdiagnosa penyakitnya. Otomatis juga akan lebih cepat menetukkan drug of choice (obat pilihan terbaik) penyakit tersebut. Tentu saja jika obat yang digunakan sesuai atau tepat untuk membunuh kuman penyebab penyakit, pasien akan lebih cepat sembuh insya-Allah. Semoga dengan adanya pemeriksaan laborat akan meningkatkan angka kesembuhan pasien, amien Terima kasih

Oleh : Mazidatur Rosidah, AMK (BUNGA PURING)

1 komentar:

Anonim mengatakan...

waa.. keren...
puskesmas ngadirejo punya blog euy
habis baca2 jadi tambah kangen rumah nie
kulo tiyang sumur, mento pak
salam damel rencang2 puskesmas :)

Posting Komentar

PURING ( PUSKESMAS RAWAT INAP NGADIREJO ) TEMANGGUNG
 
Copyright (c) 2010 PURING (PUSKESMAS RAWAT INAP NGADIREJO) TEMANGGUNG. Design by WPThemes Expert
Themes By Buy My Themes And Cheap Conveyancing.