Pages


Senin, 21 Maret 2011

Sadar Sampah Cermin Ber – PHBS


Sampah merupakan konsekuensi dari adanya aktivitas manusia. Setipa aktifitas manusia pasti menghasilkan buangan atau sampah. Jumlah atau volume serta jenis sampah sebanding dengan tingkat konsumsi terhadap barang yang digunakan sehari – hari. Tidak hanya sampah hasil produksi kawasan industri, ternyata sampah rumah tangga kini telah masuk dalam daftar penyebab utama perusak lingkungan dan sumber penurunan kulitas kesehatan masyarakat.
Secara umum sampah padat dapat dibagi 2, yaitu sampah organic ( sampah basah ) dan sampah anorganik ( sampah kering ). Sampah organic terdiri dari bahan – bahan penyusun tumbuhan dan hewan yang diambil dari alam atau dihasilkan dari kegiatan pertanian, perikanan atau yang lain. Sampah ini dengan mudah diuraikan dalam prose salami. Sampah rumah tanga sebagian besar merupakan bahan organic misalnya sampah dari dapur, sisa tepung, sayuran, kulit buah dan daun. Sedangkan sampah alami manusia seperti tinja dan air seni bisa menjadi sampah berbahaya bagi kesehatan bila masuk ke tubuh manusia.
Kedua dampak yang akan ditimbulkan oleh sampah sam berbahayanya. Ditilik dari segi kesehatan sendiri berbagai macam penyakit bisa timbul dan menyebar lewat medium sampah. Sedanghkan kerusakan lingkungan akibat ketidakmampuan alam mendaur ulang sampah dengan baik, maka tida heran jika kini sering terjadi bencana banjir karena terganggunya saluran air hanya akibat sampah. Selain itu rembesan cairan sampah yang masuk kedalam tanah akan masuk kedalam sumur mata air pemukiman warga.
Melihat besarnya dampak yang timbul akibat sampah domestic, perlu adanya langkah pasti merubah pandangan masyarakat tentang sampah. Cara pengendalian sampah yang paling sederhana adalah dengan menumbuhkan kesadaran dari dalam diri untuk tidak merusak lingkungan dengan sampah. Diperlukan juga control social budaya masyarakat untuk lebih menghargai lingkungan, walaupun kadang harus dihadapkan pada mitos tertentu. Peraturan yang tegas dari pemerintah juga sangat diharapkan karena jika tidak maka para perusak lingkungan akan terus merusak sumber daya alam.
( Dikutip dari Majalah Promkes Dep Kes RI 2007 )

0 komentar:

Posting Komentar

PURING ( PUSKESMAS RAWAT INAP NGADIREJO ) TEMANGGUNG
 
Copyright (c) 2010 PURING (PUSKESMAS RAWAT INAP NGADIREJO) TEMANGGUNG. Design by WPThemes Expert
Themes By Buy My Themes And Cheap Conveyancing.